Kamis, 18 September 2008

Aku dan Mudik

hemm, lebaran sebentar lagi..
ngerasa ga sie, waktu serasa berjalan begitu cepat?!keknya baru kemarin mengawali puasa, eh ini dah hari ke 18 (bagi yang mengawali puasa tgl 1 Sept 08)

Persiapan hal-hal yang berbau fisik menjelang lebaran mungkin dah mulai terasa di tanggal-tanggal ini, terutama yang ada planning buat ngejahitin baju lebaran. Yakin deh, udah dari jaoh-jaoh hari ngantriin bahan di modiste! Malah mungkin udah sejakawal puasa..

bikin kue lebaran, mungkin minggu depan baru mulai kerasa gaungnya kecuali bagi mereka yang emang punya usaha parcell dan sejenisnya...

persiapan buat perantau, ya pasti mudik lah...

fur me, myself, tahun ini kalo ga salah itung, sudah mudik ke-8 sejak saya belajar merantau..

5 tahun pertama, berprofesi sebagai mahasiswi dan berposisi masih di Jurangmangu (seberang Bintaro.red) moda mudik & balik yang dipilih adalah bus, dengan alasan lebih ekonomis dan lebih deket dengan domisili dibanding moda kereta eksekutif/pesawat! Saya punya bus langganan R*M*Y*N*, karena udah langganan, mba petugas loketnya ampe apal deh... :P

Jauh hari sebelum hari keberangkatan (awal-awal puasa.red) saya biasa dah indent duluwan. Disamping bisa dipastikan dapet tempat duduk, kita juga bisa lebih leluasa memilih tempat duduk sesuai selera karena biasanya masih kosong. biasanya sie, kita cuma dikasih karcis pesen tempat duduk plus bayar administrasi skitar 10 ribu (pada waktu itu) sambil nungggu harga resmi edisi Lebaran yang dikeluarkan oleh armada stelah memperhitungkan tuslah.. untuk selanjutnya karcis asli baru diambil 1-2 hari sebelum berangkat.

Karena masih kuliah, biasanya libur tlah tiba berhari-hari sebelum puncak arus mudik; dan baliknya biasanya dah lewat masa kritis arus balik.. Lebak Bulus menjadi terminal pilihan karena lokasinya paling deket dengan Bintaro.

1 tahun berikutnya (2006), berprofesi sebagai pegawai magang (nunggu penempatan) dan berposisi di seputar Paseban, moda mudik beralih ke kereta api dengan satu alasan Gambir deket banget dengan tempat kedudukan.

Prosesi mendapatkan tiket kereta kurang lebih sama, antri lah di loket 30 hari sebelum keberangkatan. Waktu itu saya bersama Mba Iin, seorang temen kost berjuang di Gambir selepas subuh. Antrian pada waktu itu belum se - menggila seperti diberitakan pada tahun ini.. Meski antri dah di urutan belasan, Alhamdulillah masih dapet tiket!! Ntah apa yang menyebabkan antrian tiket th 2006 berbeda dg th 2008. Apa karena pemudik dengan moda kereta bertambah banyak yah?! atau??? entahlah..

Hal yang mengesankan dari mudik ini adalah ketika menyadari bahwa hanya tinggal kami berdua yang berada di kosn pada malam sbelum keberangkatan. Kami adalah penghuni terakhir di kosn!! hii... Mana kamar kami beda lantai lagi!! saya di kamar atas dan Mba Iin di kamar bawah. Malam itu kami memutuskan untuk tidur satu kamar untuk memenggal rasa ketakutan. Kejadian aneh? hanya mba Iin yang merasakan.. (apa saya yang bebal alias ga ngeh yah?!). dan kami pun ngacir meninggalkan kosn too early in the morning meski kereta berangkat baru sekitar pukul 8 pagi..

me&iin_251006

monas2006

(Sempat berpose sebelum berangkat. Tugu Monas terlihat jelas dari Sts. Gambir)

Dan akhirnya Kereta Taksaka Pagi, tanggal 21 Oct 2006, mengantarkan kami menuju kampung halaman . Meski kami ngantrinya bareng, tapi tempat duduk kami tidak bersebelahan karena waktu itu kami nulis formulir pesenannya ndiri2. Untungnya masih satu gerbong. Saya di kursi tunggal paling depan, mba Iin di kursi tunggal paling belakang. Yang jelas saya sungguh menikmati perjalanan karena ini adalah pengalaman pertama saya naik kereta pagi (katrok mode: on)

100_1137

100_1136

Tahun kemarin (2007) dan InsyaAllah tahun ini (2008) sudah pasti moda pesawat yang dipilih!! ga ada alternatif lain kecuali bersedia berlayar berhari-hari dengan menggunakan kapal laut dari pelabuhan GTO (:oh.. BIG :No)

ini nie Bandara Jalaluddin GTO

jalaluddin

Tahun 2007, ada dua maskapai yang melayani route penerbangan dari GTO ke sjumlah kota tempat tujuan mudik. Cuti bersama th 2007 jatuhnya mepets banget ma tgl 1 Syawal.. palagi ada Ormas Islam yang udah netapin hari raya jatuh sehari sebelum tgl merah di kalender.. duwh, bayangannya udah ga bisa ngerasain puasa di rumah deh...

Tiket mudik dah di issued sesuai tanggal yang direncanakan, langsung bayar cash PP, takut baliknya ga dapet tiket krn armada terbatas.. Tiket mnuju Jogja jg udah beress.. (pikir dalam hati) Eh tiba-tiba ada terbersit untuk mengajukan tgl mudik satu hari sebelumnya.. Nelfon agen, koq ya kebetulan ada seat di tgl dan kelas itu (padahal dah ngarep semoga dah ga ada seat shg niat nekat ini terterpis).. Yaudah deh, akhirnya maju.. Cm rada mikir juga sie, karena tiket ke Jogja dah ga bisa dimajuin satu hari karena seat udah penuh.. Tapi gpp stidaknya dah menginjak Pulau Jawa duluwan :)

Then sampai di Soe-Hatta, saya pun berjuang mendapatkan tiket maskapai yang berangkat hari itu juga ke Jogja. Berjalan menyusuri terminal 1A-1C bagaikan napak tilas jaman dulu (ups..) Hasilnya... jeng.. jeng.. jeng... dapet!!! Tiket Adam Air untuk penerbangan ke Jogja masih tersedia!! meski di kelas 'Yengki' dan di The Last Flight Out, (kek judul lagu) tp gapapalah... hari itu juga bisa sampe rumah..

Dan yang lebih mngejutkan lagi...
jeng.. jeng.. jeng... Bisa ketemu seorang temen bernama Zulkifli dari Pangkal Pinang di counter Adam Air. dari Izul saya tau kalo Bp dan Ibu Teguh juga baru ajah nyampe Jkt. Langsung mengambil telp bimbit, menelfon, dan ketemuan deh.. bersama Bp dan Ibu Leila kami satu DAMRI menuju Gambir.. (hemm, Leil,, udah hampir satu lebaran nie, terakhir ketemu..)

Dan,, untuk mudik tahun ini, ada satu maskapai yang membuka route baru GTO-JKT direct alias tidak transit Makassar. Lumayan, setidaknya menambah pilihan jam penerbangan dan sdikit menekan harga Duopoli Maskapai yang selama ini berkuasa di GTO..

Semoga mudik tahun ini selancar mudik-mudik sebelumnya.. Amien..
dari Gorontalo diucapkan : Selamat mempersiapkan mudik yaa...

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Ibu TEGUH :)

Anonim mengatakan...

wah dari tadi blogwalking cerita nya tentang mudik mudik an semua...
seru seru ceritanya...
lha mudikku cuma 3,5 jam...

salam.

missBantul mengatakan...

*** Mba dian : Yup.. Ibu Teguh,, ada yang aneh?! hwehwe..

*** Mas Flowflow,, salam kenal yah,, hwehwe, ikut meramaikan suasana menjelang lebaran..