Senin, 01 September 2008

be a good writer...

Setelah melihat, membaca n membuat blog, akhirnya gw simpulkan bahwa: mungkin blog merupakan sebuah media untuk mengasah ketrampilan menulis, media untuk melempar ide/gagasan, sharing ilmu pengetahuan ataupun hanya sekedar cerita ngalur-ngidul yang ga terlalu jelas jluntrungnya..

meski demikian, apapun yang terposting dalam suatu blog merupakan sbuah hasil karya,, mengkolaborasikan antara kemampuan otak untuk mencetuskan ide dan kemampuan jari2 tangan untuk menari di atas tuts.. (ataw jempol bagi yang menggunakan telepon bimbit :P)

yang jelas, menurut gw, (tanpa didasari dasar hukum yg jelas alias asal.com), to be a good writer/story teller yang terpenting adalah:
  • know how to tell
  • know how to describe
  • know how to write
definisi secara rinci, gw jg gatau!!! tapi menurut gw, smua ini terkait dengan kemampuan seseorang untuk merangkai kata, sehingga pembaca mudeng alias dong alias mengerti alias understand alias bisa menangkap, alias bisa menggambarkan, alias bisa membayangkan, tentang sesuatu yang kita tulis ataw suatu object yang kita gambarkan..

hemm,, kemampuan untuk menyampaikan inilah yang kadarnya berbeda pada tiap orang.
ada orang yang dapat dengan mudah nya menyampaikan apa yg mereka maksud pada khalayak, tapi ada juga orang yang susahnya minta ampun untuk mengutarakan maksudnya (kek gw, maksudnya), kadang kita bisa nangkep apa yg orang bilang/orang tulis, tp kita kesulitan utk mengutarakan kembali, ataw menceritakan kembali apa yg pernah kita denger/baca/simak.. kebetulan gw termasuk orang yg demikian..

solusi yang mungkin bisa diambil pada komunitas yang demikian salah satunya adalah belajar,, belajar, dan belajar serta menulis, menulis dan menulis... (cieh kek acara super mom ajah!!) Tentunya kemauan dan mood sangat mempengaruhi keberhasilan dalam program ini :P

Terus, hal lain yang bisa didapet:
dari sebuah tulisan kita mungkin bisa juga menebak loh, kepribadian seseorang,
, yakni dari gaya bahasanya, dari cara menyampaikan, dsb...

so, what i realy want by posting diz titlle is, please tell me how to be a good writer :)
(ekspresi: dengan muka memelas..)
Mungkin mas Andrea Hirata atau Bang Tere Liye sempet mampir k Blog ini,,, atau kalow engga yang mirip juga gpp,,, kasih tips gmn cara nulis yg baik :)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, apapun itu, namanya tulisan sejelek apapun itu adalah hasil karya...hasil kreatifitas...biar aja orang ngomong apa vien, tapi aku yakin dirimu bisa menjadi penulis yang handal!!!!semangat

Anonim mengatakan...

Musisi harus menciptakan musik. Pelukis harus menggoreskan lukisannya. Dan Blogger harus menuliskan karyanya (walau ga ada yg komen) :D
Mereka harus melakukannya agar mencapai puncak kedamaian dalam diri mereka sendiri.
Seseorang harus menjadi apa yang mereka bisa jadi.
segitu saja dr bang Kere Lie. maap kalo komennya ngawur (namanya juga Kere Lie) udah miskin seneng boong lagi.
kabuurrr ah...........

missBantul mengatakan...

*** Aq akan Semangat, Mba Dev!!! (kec kalo lagi ga mood :P)

*** :Oh Bang Kere?! kenapa bener2 cumi (cuma mirip) Bang Tere yg ngasi komen?? yang jelas bang, apapun alasannya, kita gak boleh Kere Kereatifitas :P