Minggu, 07 September 2008

Duwh, Kangen ma Makanan Rumah nie...

Sambil menunggu buka puasa, ga ada salahnya khan posting makanan favorit yang hanya bisa ditemukan di rumah (Bantul.red)
  • Sambel Tempe
Menu ini sudah lazim banget dilidahku kawit jaman cilik (sejak dari kecil). Sampai sekarang menu ini hampir selalu dihidangkan oleh Ibu stiap kali aku pulang. Bahan-bahan dan cara memasaknya cukup simpel, tapi yang simpel ini sudah mempunyai cita rasa yang ciamik banget!!
bahannya sederhana :
  1. Tempe (akan lebih baik jika Anda memilih tempe yang dibungkus daun pisang, karena lebih gurih dan tidak hancur sewaktu ditumbuk)
  2. Bumbu sambal : bawang merah, bawang putih, lombok (cabai), gula jawa & garam
cara pembuatannya :
  1. Tempe digoreng garing
  2. Bawang merah, bawang putih & lombok, digoreng hingga layu
  3. haluskan bumbu yang sudah digoreng tadi dengan menggunakan bantuan cowek (cobek) & munthu (ulekan) <<<>
  4. tambahkan garam dan gula merah sesuai selera..
  5. Next, tumbuk/haluskan tempe goreng satu per satu..
  6. Jadi deh,, sambel tempe!! mudah bukan??
*** jika Anda menambahkan tomat dalam bumbu sambel ini, rasanya akan lebih condong ke tempe penyet, bukan sambel tempe yang sebenarnya (menurutku sie :P)

  • Jangan (sayur) Sawah
Kenapa disebut Jangan Sawah?? karena Jangan ini biasa dijadikan menu utama oleh Simbahku untuk ngirim orang-orang yang garap sawah Simbah. Sayur santan ini mempunyai komposisi yang sederhana, hanya terdiri dari tempe yang diiris kecil-kecil, kulit melinjo dan jika suka bisa ditambah rambak. Rasanya seger, tapi lumayan pedas karena ada irisan cabainya. Kami biasa juga menyebutnya dengan istilah Jangan Pelet (Tempe-Kulit). Biasa dihidangkan dengan telur dadar gulung atau bakmi bihun.

  • Jangan Sengek
Masih makanan olahan dari tempe, kalo Jangan sawah tadi cenderung pedas, nah jangan sengek ini disebut juga Jangan Anyep, alias ga pedes. Santan yang dipakai adalah santan kental, dimasak bersama dengan tempe, tahu dan kubis. Bumbunya biasa, bawang merah, bawang putih, dll (ga tau maksudnya :P) Awass!! dalam proses memasak, jangan lupa diaduk-aduk! Jangan sampe mBlondo (santan pecah)!! Buat yang suka masakan pedas, sayur ini enak juga koq, kalo dimakan bersama sambel tomat :)

  • Oseng-Oseng Kates
Kalo yang ini, pepaya muda (yang masih ijo) diseseti (kaya kalo ngirisin buah buat nglotis itu lho!!) tipis-tipis terus dimasak tumis. campurannya daun so/mlinjo, plus hati ayam kalo suka. hemm,, rasanya krenyes-krenyes.. enak banget kalo disajikan bersama nasi yang masih hangat plus tempe goreng!!

  • Jangan Asem Jawa
Nah, sayur ini nie, yang bisa sekalian buat senam muka!! komposisi sayur yang terdiri dari jagung manis, kacang tanah dan daun so/mlinjo ini lumayan memerlukan waktu dalam mengunyah! lebih dari 33 kali, mungkin,, tapi enak rek!! Suegerr!! apalagi kalo dimakan siang-siang!! dan satu lagi!! ga pake pedes kalo ini mah!!

  • Tahu Guling Bu Tjip
Siapakah Bu Tjip itu? he2, tetangga sebelah rumah, yang punya warung Lotek & Tahu Guling. Lumayan terkenal sie, di dusunku & skitarnya
Dan apakah Tahu Guling itu?
Tahu & Tempe Batjem (dimasak kek semur tapi bukan semur!! masaknya pake air, warnanya coklat) yang udah digoreng, diguling-guling dalam bumbu yang khas..
Bumbunya cukup sederhana :
  1. sepotong bawang putih + garam + sdikit kencur + cabai dihaluskan
  2. tambahakan aer panas + kecap ke dalam bumbu tsb
  3. tambahi taburan daun jeruk yang sudah diiris tipis-tipis + brambang (bawang merah goreng)
  4. campurkan irisan tahu & tempe Batjem goreng yang sudah dipotong dadu
  5. tambahkan juga thokolan (kecambah) dan irisan kubis plus irisan tomat
  6. terakhir, taburi irisan daun sledri + brambang goreng + krupuk
lebih enak disajikan siang hari..

  • Bakmi Godhog/Goreng Pak Madio
Pak Madio adalah Penjual Bakmi keliling yang telah keluargaku kenal sejak aku kecil. biasa lewat depan rumah selepas Isya'. Seperti penjual Bakmi kebanyakan, menu yang ditawarkan tidak beragam, hanya Bakmi Goreng, Bakmi Godhog (rebus), Nasi Goreng atau boleh juga pesen Megelangan (nasi+bakmi goreng dimasak bareng). Oh ya, jenis mie yang digunakan adalah Mie putih. Rasanya khas, Pak Madio banget!!! Susah dijelaskan dengan kata-kata.
Cara pembuatannya aku juga tidak terlalu mudeng karena terlalu njlimet!! Kami juga sering meminta bantuan "ndandakke sego" (memperbaiki nasi) pada Pak Madio, yakni nasi putih yang masih tersisa di rumah, minta tolong dibuatin nasi goreng dicampur dengan sedikit Bakmi.
Satu lagi yang bikin khas, Pak Madio ini mempunyai thethenger (pertanda) kalo lewat. Bunyi perpaduan potongan empring (bambu) plus sendok yang dipukul2 di atas empring, selalu diperdengarkan stiap kali Pak Madio ini mangkal. Suaranya kurang lebih seperti ini Tik..Tok.. Tik.. Tok... Mangkanya, Bakmi Pak Madio ini sering juga dijuluki Bakmi Tik Tok.. Dari jauh pun kami udah tau kalo Pak Madio mau lewat. Jadi kalo udah kedengeran bunyi itu dan kami lagi pengen makan bakmi, maka kami keluar rumah, then ngeploki (menepuk tangan) deh. Pak Madio pun akan berjalan mendekati rumah :) Mau coba? Ayo, bertandang ke rumah!!!

Dilihat dari sejumlah menu favorit, boleh disimpulkan kalo aku penggemar Tempe Bungkus Daun Pisang sejati!! Especially, tempe buatan simbahku yang gurihnya tiada tara.. ;)
HIDUP TEMPE!!

6 komentar:

diah mengatakan...

haduuuh.. pengen pulang ke bantul baca ini.

kalo simbok dulu sambel tempe dicampur lagi sama tauge yang udah direndem air panas. nyaamm.. bisa nambah berkal-kali, hehehe...

Kalo but Tjip aku lebih suka loteknya. Beli dari harga 150 rupiah sampai sekarang 2000 atau 3000 ya..

semuanya enaaaak...

missBantul mengatakan...

Yupp stujuh-stujuh mba!!! aq juga pengen ngrasaen masakan unik ituh dan aku pun sering tanduk yen ibu masak sambel tempe.. he2..

iyo, kita mengalami masa yg sama, dari 150 mpe 3000. tp enake tidak berubah :)

Anonim mengatakan...

jadi lapeeer...mana bacanya siang-siang, pas puasa pula,,,hahahaha..

missBantul mengatakan...

*** buat mba m.s. nama kita mirip kalo aku : m.b. :P
ayo wung, dolan mBantul,, ato kita jalan2 ke sala3 aja gmn? stuju????

Niwanda mengatakan...

Ini mah sama, Mbak... Penginnya sih belajar masak, tapi ya nggak semuanya bahannya ada di sini dan rasanya juga belum bisa persis, hiks...

missBantul mengatakan...

the Lady, ayo, jangan patah arang.. aku sebenernya jg pegen bisa masak,, tapi... hehehehe... (berat utk mengawalinya..)