Rabu, 03 September 2008

How is ur fasting??

hemm, bagi yang mengawali satu Ramadhan pada hari Senin, puasa dah jalan 3 hari loh!!
ni dah masuk hari ketiga!!

bagaimana dengan puasa Anda??
Well, generally dalam 3 hari terakhir (termasuk siang ini) cuaca d GTO didominasi mendung n hujan deras.. Sholat tarawih lancar, meski hujan turun menjelang pelaksanaannya di malam pertama n tadi malam..

so far, Alhamdulillah lancar2 ajah,,
menu sahur ga terlalu ribet :
  • 1 sendok teh madu
  • 1 mug minuman sereal rasa kacang ijo
  • 2 potong roti
  • air putih secukupnya
(maaf Tan, aku tulis ulang di blog :P)
menu ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun - setidaknya 3 ramadhan terakhir..(cieh, ktahuan anak kosn bgt)..

but, ada kesulitan yang dihadapi:
  1. Bapak catering yg biasa menyediakan makan siang kami lagi cuti.. bapaknya lagi ke manado ntah sampai kapan. alhasil anak2 catering rada kesusahan nyari buka n sahur
  2. ternyata, hari pertama (mpe puasa hari kedua) banyak warung2 makan/resto langganan pada tutup. alhasil hanya mengandalkan Kantin Murah dan baik (aneh kan namanya) n resto franchise ayam goreng (satu2nya yang ada d GTO) buat solusi buka.. hemm baru ngrasaen skrg susahnya, cz thn kemarin (oh no!! ini dah kali kedua gw melewatkan puasa di GTO) kami mengandalkan catering buat menu buka. ga susah nyari2 keluar,, dah dianter, tinggal makan (emang dasar pemalas!!)

soal masak?!! wadhuw,, ada yg maw ngajarin gw gag?! gw gappur (gagap di dapur) bgt!! ngisin-isini wong Bantul tenan wes!! :(

pengalaman gw di dapur hanya sebatas:
  1. masak air
  2. bikin pudding
  3. bikin soup jagung (ngeliet acara di magic kitchen n skrg dah lupa gmn bikinnya) tapi pada akhirnya soup jagungku dibikin adonan bakwan jagung ma nyokap karna terlalu enegg (keluarga kami gag terlalu doyan susu)
  4. aneka bolu n cake (nyoba resep di buku resep) tapi kebanyakan gosong-nyah :P
pun, hal yang simpel such as bikin telur dadar, aku hanya pedhe utk masak buat diri sendiri, cz dah pasti rasanya anehh.. hiks... :(
Parah khan!!!! (kasihan calon swami gw, ntah dimanapun dy berada :P)

emm, mgkn karna sdari kecil ga dibiasakan meracik bumbu di dapur kali yah, jadinya gugup mengerjakan sesuatu di atas bara api :P( ngeles mode.on)
pernah sie, mbantuen nyokap, tapi karna bawaan gw kalo ngerjaen sesuatu dg metode tlenak-tlenok (lelet bgt!!) jadi waktu memasak yang biasa kelar 10 menit jadi 30 menit deh,, :(
sebenere ada niat sie buat blajar, tapi ntahlah mpe skrg blom terlaksana.. (niat tapi gag niat ya kek gini ini.. :P)
so, buat Mba-Mba yang jago masak,, ajarilah diriku ini..

back to topic,, ya gitu deh, suasana puasa di GTO,,
meski diguyur hujan, tarawih masih banyak jamaahnya.. (Alhamdulillah..)
terus para penjual es klamud pada betebaran dimana2,, jumlahnya keknya lebih banyak dibanding hari2 biasa...
menu khas buka GTO, blom nemu,, tapi kalo thn kmrn, tiap sore jelang buka, byk penjual kaget yg jual jajanan pasar, sesuatu yg dibungkus di berbagai daun (daun pisang maupun janur (daun kelapa muda.red))

keadaan fisik, InsyaAllah fit, meski semalem gw sempet melukis diatas kulit leher n bahu gw dg kuas berupa tutup kemasan Vi** dan cat berupa minyak telon, lantaran kmrn sore gw ngrasa 'pancingen' (kgk tau basa indonesianya,, such as sorethroat gitu deh)..
Analisa gw knapa pancingen ada 2 sebab:
  1. karna minum minyak gorengan hasil gorengan ayam di resto cepat saji yg minyaknya (ampunn) berlimpah,, hiks
  2. kanginan (kebanyakan kena angin)..
datz why gw milih metode ini, sebagaimana telah diturunkan oleh mbah-mbah gw.. hanya sebatas jangkauan tangan ajah tapi hasilnya abang ireng, rek!! alhamdulillah skrg dah sembuh :)

Tips bugar berpuasa ala gw:
  1. penuhi kebutuhan minimal air yang dibutuhkan tubuh/hari (8 gelas air per hari) atur aja jam minumnya biar gag "mbeseseg"
  2. jangan lupa makan buah/sayur..
  3. hindari dulu makanan yang mempunyai bau khas (such as, bawang mentah, trasi, pete, jengkol, dsb.. yaaagghhhh)
  4. hindari berbagai macam gorengan (nasi goreng, mie goreng, maupun gorengan dalam bentuk yg sebenernya (:oh) krn efek domino nya membuat haus, terutama kalo dimakan pas sahur..
  5. minum multivitamin kalo body krasa gaenak
  6. asupan madu, lumayan loh buat nambah2 energy ;)
  7. berbukalah dengan yang manis.. (ups,, iklan deh..) plus anget!!!

Slamat berpuasa... :)

Tidak ada komentar: